Warung Bebas

Minggu, 25 November 2012

Contoh Proposal Usaha

Contoh Proposal Usaha - Bagi Anda yang mau membangun usaha, baik itu usaha kecil ataupun yang berskala besar dan yang ingin membutuhkan proposal berikut ini ada beberapa contoh proposal usaha. Karena Proposal Usaha sendiri telah menjadi media komunikasi penting bagi para wirausahawan untuk menerangkan profil usaha atau bisnis yang akan dikembangkan. Para wirausahawan harus dapat mereflesikan gambaran usaha atau proyek baru yang dikembangkannya dan sekaligus mencerminkan pribadi di dalam pembuatan proposal usahanya. Nah sebelum Anda membuat proposal usaha, ada baiknya Anda juga memperhatikan hal-hal berikut :

proposal usaha


  1. Hasil Studi Kelayakan Usaha yang membahas tentang potensi pasar targeting dan segmenting
  2. Kebutuhan investasi atu modal
  3. Biaya operasional
  4. Neraca awa yang berisi estimasi pendapatan,margin, biaya ops dan keuntungan
  5. Strategi bisnis

Fungsi proposal usaha sangat vital dalam memulai sebuah usaha. kondisi dimana kemampuan finansial , manajemen ataupun faktor2 usaha lain dapat diatasi dengan mempertimbangkan proposal usaha sebagai bahan indikator . Silahkan download berbagai contoh proposal usaha dibawah ini :

proposal usaha

proposal usaha komputer

proposal usaha warnet

proposal usaha kecil

proposal usaha



Sebagai contoh, berikut bisa anda simak contoh sistematika penyusuna proposal usaha :

Sistematika Penulisan Proposal Usaha
  • Halaman Sampul
Di halaman sampul ini biasanya kita akan menuliskan judul proposal usaha beserta bisnis usaha yang sedang kita jalankan. Misalnya saja judul proposal yang hendak kita buat adalah : Proposal Usaha Kerajinan Mebel Berbahan Enceng Gondok – UKM. Bina Serasi-Semarang
  • Halaman Pengesahan
Halaman pengesahan ini biasanya berguna untuk tanda tangan pihak-pihak yang mengetahui adanya dan berdirinya usaha ini seperti misalnya diketahui oleh perangkat desa atau wilayah, ketua RT, ketua RW, stempel Kelurahan atau Kecamatan.
  • Bab 1 Pendahuluan
Pada bab satu yaitu bab pendahuluan ini yang akan kita tulis adalah :
- Uraian secara singkat tentang nama usaha yang sedang kita jalankan beserta deskripsi dari jenis usaha yang dilakukan seperti misalnya UKM Bina Serasi merupakan Unit Kegiatan Masyarakat yang berada di wilayah Semarang yang memproduksi berbagai mebel seperti kursi santai, kursi makan, meja makan, rak buku dan lain sebagainya dengan bahan dasar enceng gondok.
- Yang berikutnya kita harus menyertakan pula di dalam bab ini seperti status usaha apakah usaha tersebut merupakan usaha baru yang akan segera kita dirikan atau usaha tersebut sudah berjalan dan memerlukan modal untuk pengembangannya.
- Kita juga sebaiknya menguraikan secara ringkas namun jelas, apa yang melatar belakangi usaha kita ini misalnya saja, mengingat bahwa tanaman enceng gondok adalah gulma yang sering dianggap mengganggu aliran sungai dan dianggap sebagai tanaman yang tidak bermanfaat, namun sebenarnya tanaman ini sangat bagus jika dijadikan bahan baku pembuatan mebel pengganti rotan.
  • Bab 2 Metode Pelaksanaan
Di dalam bab 2 yaitu metode pelaksanaan maka yang harus kita jelaskan adalah produk dan jasa yang dihasilkan dari bisnis yang kita jalankan beserta karakteristik dan jumlah produksi dalam waktu tertentu. Selain itu, jika akan memberikan penjelasan secara spesifik mengenai bahan baku, ketersediaan bahan baku tersebut serta sumber-sumber memperoleh bahan baku tersebut.
  • Bab 3 Target Yang Hendak Di Capai
Bab 3 pada proposal usaha ini adalah berisi tentang target yang hendak kita capai dari bisnis yang kita jalankan seperti jenis produk dan jasa yang akan dihasilkan, jika diperlukan kita bisa menyertakan contoh gambar produk atau jasa yang mendukung. Berikutnya, kita juga harus menyertakan dan menguraikan target konsumen dari bisnis kita ini misalnya saja kita menargetkan pasar luar negeri yang biasanya lebih menyukai produk-produk mebel yang ramah lingkungan dan memiliki desain yang unik. Selain itu, di bagin ini pula kita bisa menguraikan target pendapatan yang kita inginkan terutama jika proposal usaha ini bertujuan untuk pengembangan usaha dengan penambahan modal.
  • Bab 4 Rencana Biaya
Rencana biaya usaha yang terdapat di bagian bab 4 di dalam proposal usaha ini merupakan inti dari proposal usaha yang sebenarnya, karena proposal usaha ini kita buat memang bertujuan untuk mendapatkan tambahan modal usaha. Di sini akan kita uraikan rencana biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini atau untuk pengembangan usaha seperti misalnya perhitungan arus kas, biaya kebutuhan bahan baku dan biaya karyawan serta berbagai alat produksi yang dibutuhkan.
Selain itu di dalam bab ini kita juga bisa memberikan rancangan investasi dan pengembangan usaha seperti jika modal yang kita butuhkan terpenuhi maka target pendapatan yang akan diperoleh dibuatkan analisa atau perkiraannya termasuk di dalamnya adalah jumlah pembayaran/cicilan pengembalian pinjaman modal tersebut dari keuntungan setiap bulannya.
  • Bab 5 Organisasi Usaha
Tak kenal maka tak sayang. Slogan ini juga berlakuk di dunia usaha. Para investor atau penanam modal biasanya akan mempelajari terlebih dahulu siapa saja yang berperan di dalam usaha ini seperti nama pemilik, kualifikasi keterampilan dan pendidikan apakah sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan, berapa orang yang berperan di dalam usaha ini dan berapa jumlah karyawannya. Masing-masing orang akan diuraikan nama, deskripsi pekerjaan dan kemampuan yang dimiliki.
  • Bab 6 Potensi Usaha
Berikutnya yang merupakan hal penting untuk dicantumkan di dalam proposal usaha adalah potensi usaha yang kita jalankan tersebut. Misalnya saja seberapa besar peluang yang dimiliki oleh usaha tersebut untuk mendapatkan keuntungan serta peluang dalam perluasan usaha. Bagaimana status produk yang dihasilkan, apakah sudah memiliki hak paten atau belum, termasuk peluang melegalkan usaha yang dijalankan tersebut.
  • Lampiran
Di bagian lampiran ini akan kita sertakan bukti apa saja yang mendukung usaha ini seperti
- Denah atau lokasi tempat usaha tersebut dijalankan.
- Surat-surat pendirian usaha atau surat keterangan aparat setempat
- Identitas Pemilik seperti KTP, NPWP dan lain sebagainya.

0 komentar em “Contoh Proposal Usaha”

Poskan Komentar

 

Blog Berita Terbaru dan terbaik Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger